TERMS & CONDITIONS

BNI POIN+ merupakan program point reward dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bagi Nasabah BNI sebagai bentuk penghargaan atas loyalitas Nasabah yang BNI berikan dari berbagai aktivitas perbankan Nasabah mulai dari pembukaan rekening tabungan, aktivasi eBanking (Mobile Banking, Internet Banking. SMS Banking), transaksi kartu debit, transaksi all eChannel (Mobile Banking, Internet Banking. SMS Banking, ATM), transfer antar BNI dan antar Bank, pengendapan dan penambahan saldo tabungan dan lainnya yang telah ditentukan BNI.

I. PERIODE PROGRAM

Periode program Reward Point BNI (BNI POIN+) berlaku mulai 1 Juni 2019 sampai dengan 30 Juni 2021.

II. KETENTUAN UMUM
  • Produk tabungan BNI yang dapat memperoleh poin adalah khusus untuk tabungan perorangan dalam valuta rupiah, dengan jenis tabungan utama yang harus dimiliki Nasabah yaitu Taplus, Taplus Muda, Taplus Bisnis, Taplus Anak, Taplus Pegawai, Emerald Saving, Berbagai Kartu Co-Branding BNI dan/atau produk tabungan tambahan sebagai program tactical (seasonal) seperti Tapenas, Deposito atau tabungan lain yang ditentukan oleh BNI.
  • Poin dari BNI POIN+ dihitung berdasarkan Customer Identification File (CIF) Nasabah atau akumulasi semua rekening Nasabah apabila Nasabah memiliki lebih dari 1 (satu) rekening tabungan BNI.
  • Dalam hal terdapat perbedaan data terhadap perhitungan poin yang dicatat oleh Nasabah dengan yang tercatat pada sistem BNI, maka yang akan dijadikan acuan adalah data perhitungan poin pada sistem BNI.
  • Poin yang tidak ditukarkan/di-redeem, akan terakumulasi dengan poin yang diperoleh selanjutnya sampai dengan batas waktu program berakhir.
  • Aktivitas perbankan yang dilakukan oleh Nasabah untuk mengumpulkan poin akan mengikuti ketentuan yang berlaku pada aktifitas tersebut. Misalnya: ketentuan pada pembukaan rekening, setoran, pembayaran & pembelian, pendaftaran & aktivasi e-channel dan lain-lain.
  • Ketentuan program ini tidak merubah ketentuan aktivitas perbankan lainnya yang ada di BNI.
  • Nasabah tetap tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berkaitan pada aktivitas perbankan yang ditetapkan oleh Bank termasuk peraturan perundangan yang berlaku.
  • BNI dapat melakukan perubahan syarat & ketentuan sewaktu-waktu dan akan diberitahukan oleh BNI kepada Nasabah dalam bentuk dan cara yang ditetapkan oleh BNI.
  • Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh BNI tidak dapat diganggu gugat.
III. KRITERIA PRODUK

Berikut adalah kriteria produk yang dijadikan acuan dalam penghitungan poin dalam program ini:

  • Kartu Debit
  • E-Channel (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, EDC, Agen46)
  • Saldo Tabungan

IV. MATRIK DASAR PENGHITUNGAN POIN

Berikut adalah matriks dasar penghitungan poin:

Keterangan Nominal Poin Keterangan
Registrasi Aktivasi e-Banking - 10 Mobile Banking, Internet Banking & SMS Banking
Opening Account - 10 Taplus, Taplus Bisnis Perorangan, Taplus Muda, Taplus Pegawai, Taplus Anak, Emerald Saving, Berbagai Kartu Co-Brand BNI
Kelipatan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000,- 1 Mulai dihitung sejak program dimulai selama program berlagsung, dihitung bulanan
Penambahan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000,- 1 Peningkatan saldo rata-rata dibanding bulan sebelumnya

Keterangan Transaksi Jumlah Poin Keterangan
ATM SMS Mobile Internet EDC Agen46
Pembayaran (Payment) 1 1 1 1 1 1 Pembayaran nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan
Pembelian (Purchase) 1 1 1 1 1 1

Pembelian nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan

Transaksi Kartu Debit melalui EDC BNI     1
(VCN / Virtual Card Number)
  1   Transaksi Kartu Debit di EDC BNI dengan nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan
Transfer Antar Rekening BNI 1 1 1 1 1 1

Transfer antar rekening BNI, nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan, maksimum 100 poin per bulan, tidak berlaku transfer dalam 1 CIF

Transfer Antar Bank 1 1 1 1   1 Transfer antar Bank, nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan, maksimum 100 poin per bulan,

A. Simulasi I (Khusus Transaksi)*
Contoh Perhitungan Poin+ bulan Juni:    
● Transaksi Kartu Debit di mesin EDC BNI IDR 985.000,- = 19 Poin+
● Daftar dan Aktifasi    
- Mobile Banking   = 10 Poin+
- SMS Banking   = 10 Poin+
- Internet Banking   = 10 Poin+
● Transfer antar Bank melalui ATM IDR 370.000,- = 7 Poin+
● Transfer antar BNI melalui SMS Banking IDR 1.650.000,- = 33 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa handphone melalui Internet Banking IDR 100.000,- = 2 Poin+
● Transaksi pembelian token listrik (PLN) melalui Mobile Banking IDR 175.000,- = 5 Poin+
  Total Poin+ = 96 Poin+

B. Simulasi II (Khusus Saldo Tabungan)*
Contoh Perhitungan Poin+ bulan Juli:  
● Pembukaan Rekening Taplus = 10 Poin+
● Rata - rata saldo tabungan:  
- Bulan Juni IDR 5.000.000,-    
- Bulan Juli IDR 95.000.000,-    
- Kenaikan saldo IDR 90.000.000,-   = (90Jt/2,5Jt) = 36 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli IDR 95.000.000,- = (95Jt/2,5Jt) = 38 Poin+
Total Poin+ = 84 Poin+

C. Simulasi II (Campuran Transaksi dan Saldo Tabungan)*
Contoh Perhitungan Poin+ bulan Juli:  
● Pembukaan Rekening Taplus Muda = 10 Poin+
● Daftar dan Aktifasi  
- Mobile Banking = 10 Poin+
- SMS Banking = 10 Poin+
- Internet Banking = 10 Poin+
● Transaksi Kartu Debit di mesin EDC BNI IDR 1.125.000,- = 22 Poin+
● Transfer antar BNI melalui SMS Banking IDR 750.000,- = 15 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa handphone melalui Internet Banking IDR 150.000,- = 5 Poin+
● Rata - rata saldo tabungan:  
- Saldo Bulan Juni Rp200.000,-    
- Saldo Bulan Juli IDR 125.000.000,-    
Peningkatan Saldo Tabungan IDR 123.000.000,- = (123Jt/2,5Jt) = 49 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli IDR 125,000.000,- = (125Jt/2,5Jt) = 50 Poin+
Total Poin+ = 181 Poin+

*) Keterangan :

  • Nilai POIN+ dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kebutuhan Bisnis dan sesuai dengan beberapa tactical program yang dibatasi dengan periode program
  • Perhitungan POIN+ dibulatkan ke bawah
  • Jika terjadi perbedaan perhitungan POIN+ antara perhitungan Nasabah dengan yang ada di sistem BNI, maka perhitungan yang berlaku adalah perhitungan yang tercatat di sistem BNI
  • Poin yang di generate per kartu/rekening akan diakumulasikan berdasarkan nomor CIF (key identifier).

V. PENUKARAN POIN

Penukaran poin dapat dilakukan melalui channel sebagai berikut:

  • BNI POIN+ dapat diakses melalui BNI Mobile Banking, penukaran dapat dilakukan untuk semua kategori hadiah yang tersedia.
  • EDC BNI, Penukaran melalui alat gesek/EDC POS BNI. Saat ini penukaran melalui EDC masih dalam tahap pengembangan.
  • Penukaran poin melalui market place berbasis reward point. Saat ini penukaran melalui market place berbasis reward point masih dalam tahap pengembangan.
  • Proses penukaran poin dengan hadiah, BNI akan dibantu oleh pihak ketiga/vendor. Vendor akan bertanggungjawab atas penyediaan & pengiriman hadiah kepada Nasabah.
  • Setiap transaksi penukaran poin, Nasabah akan dikirimkan notifikasi melalui SMS dan alamat email yang tertera di sistem BNI. Jika data nomor handphone atau alamat email kosong atau salah/tidak sesuai/tidak valid maka Nasabah tidak akan menerima notifikasi.
  • Transaksi penukaran poin Nasabah akan menerima kode OTP ke nomor handphone Nasabah yang tersimpan di sistem BNI. Jika nasabah tidak memiliki nomor handphone yang valid dengan sistem BNI maka Nasabah tidak akan menerima kode OTP, dan Nasabah harus melakukan update nomor handphone agar dapat menerima kode OTP.
  • Poin yang telah ditukarkan tidak dapat dibatalkan, kecuali BNI atau vendor tidak dapat memenuhi pengiriman barang/jasa yang ditukarkan. Pada kondisi ini, BNI akan mengembalikan poin yang telah ditukar.
VI. KATEGORI HADIAH
  • Voucher, kategori spesifik berbentuk voucher fisik maupun elektronik seperti voucher belanja, hotel, pulsa dan lain-lain.
  • Travel, kategori khusus berkaitan dengan perjalanan seperti tiket pesawat, hotel, penyewaan mobil dan lain-lain.
  • Donasi, kategori khusus berkaitan dengan kegiatan sosial melalui berbagai campaign donasi sebagai bentuk kepedulian Nasabah terhadap lingkungan dan kondisi sosial masyarakat. Donasi disalurkan dengan berkolaborasi melalui badan/yayasan sosial terpercaya.
  • Transfer Poin, kategori hadiah dalam bentuk pengiriman sejumlah poin kepada sesama Nasabah Tabungan BNI.
  • Shop, kategori hadiah berupa barang/ jasa seperti gadget, electronic, home appliance, fee waiver, jasa layanan majalah/ TV dan lain-lain.
  • Produk/Jasa BNI, kategori spesial seperti Topup Tapcash, Link Aja, Payment Bills, pengganti fee charged transfer dan lain-lain melalui BNI Mobile Banking.
  • Kategori dan jenis hadiah dapat berubah sewaktu-waktu tergantung ketersediaan barang/ jasa. BNI berhak mengubah daftar kategori dan jenis hadiah sesuai ketersediaan barang/ jasa. Perubahan akan diinformasikan melaui media yang disediakan oleh BNI.
VII. MASA BERLAKU POIN
  • Masa berlaku poin adalah selama program BNI POIN+ ini berlangsung yaitu mulai dari 1 Juni 2019 sampai dengan 30 Juni 2021.
  • Jika sampai 30 Juni 2021 setelah dihasilkan poin tersebut tidak ditukar, maka poin akan hangus.
  • Jika nasabah menutup seluruh rekening BNI maka seluruh poin yang terkumpul akan hangus walaupun masa program belum berakhir.
VIII. KEIKUTSERTAAN PROGRAM
  • Nasabah tidak perlu mendaftar untuk mengikuti program ini. Nasabah yang masih memiliki rekening perorangan di BNI (sesuai ketentuan jenis tabungan program BNI POIN+) maka secara otomatis dapat mengikuti program ini.
  • Kekutsertaan dimulai pada saat program ini diluncurkan atau pada saat Nasabah bergabung dengan BNI melalui rekening produk-produk BNI.
  • Untuk mengumpulkan poin Nasabah wajib mengikuti ketentuan dalam memperoleh poin seperti membuka rekening, bertransaksi, meningkatkan saldo dan/atau lain-lain.
  • Keikutsertaan program secara otomatis akan berakhir jika Nasabah tidak lagi memiliki rekening di BNI dan/atau nasabah meninggal dunia dan/atau nasabah dinyatakan tidak berhak mengumpulkan atau menukarkan poin oleh BNI karena melakukan kecurangan dalam pengumpulan poin atau melanggar ketentuan perbankan lainnya. Dalam hal ini BNI sepenuhnya berhak untuk membatalkan keikutsertaan Nasabah dalam program ini.
  • Dalam hal Nasabah tidak lagi memiliki Tabungan BNI sebagaimana pada bagian II Ketentuan Umum butir 1 (satu) berlaku seketika sesuai tanggal Nasabah menutup rekeningnya. Dalam hal Nasabah meninggal dunia, BNI menerima dokumen/konfirmasi dari ahli waris atau pihak manapun yang membuktikan bahwa Nasabah telah meninggal dunia. Dalam hal Nasabah dinyatakan melakukan pelanggaran oleh BNI sebagaimana dimaksud pada bagian IX Kelalaian atau Pelanggaran Syarat dan Ketentuan Umum ini.
IX. KELALAIAN ATAU PELANGGARAN
  • BNI berhak untuk menolak, membatalkan penukaran/redeem BNI POIN+ atau memblokir sementara waktu akun BNI POIN+ Nasabah yang melakukan kelalaian/pelanggaran seperti poin Nasabah terindikasi diperoleh dari transaksi yang tidak benar dan/atau tidak wajar.
  • Setiap penolakan, pembatalan penukaran/redeem hadiah atau pemblokiran akun BNI POIN+ akan diberitahukan oleh BNI kepada Nasabah dalam bentuk dan cara yang ditetapkan oleh BNI.
  • Untuk kondisi yang disebutkan pada bagian IX Kelalaian atau Pelanggaran butir 1 diatas, maka Nasabah selambat – lambatnya dalam 14 (empat belas) hari kalender sejak menerima pemberitahuan dari BNI, harus memberikan klarifikasi berikut dokumen pendukungnya kepada BNI terhadap kelalaian/pelanggaran yang terjadi.
  • Dalam hal Nasabah terbukti secara sah dan meyakinkan bahwa poin Nasabah tersebut diperoleh dari transaksi yang tidak benar/tidak wajar. Maka BNI berhak untuk menyatakan Nasabah telah melakukan kelalaian/pelanggaran dan oleh karenanya BNI berhak untuk mengakhiri kepersertaan Nasabah dalam program BNI POIN+.
X. PENANGANAN KELUHAN
  • Setiap keluhan dapat disampaikan melalui BNI Call 15000-46.
  • Jika persediaan hadiah habis/tidak terdapat penyedia jasa/barang, maka BNI akan menyampaikan informasi tersebut kepada Nasabah. Dalam waktu maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja BNI akan megirimkan hadiah tersebut kepada Nasabah. Apabila melewati batas waktu tersebut, hadiah tidak bisa dikirimkan oleh BNI, maka poin yang telah ditukar akan dikembalikan/dibatalkan oleh BNI dan Nasabah dapat menukarkan kembali dengan hadiah lainnya yang tersedia.
  • Kualitas barang/jasa merupakan tanggung jawab penyedia barang/jasa, jika ada keluhan mengenai kualitas barang maka keluhan dapat disampaikan langsung ke penyedia barang/ jasa.
  • Keluhan selambat-lambatnya dapat disampaikan 14 (empat belas) hari kalender sejak penukaran poin. Keluhan tidak akan ditindaklanjuti jika diterima BNI setelah lebih dari 14 (empat belas) hari kalender.
XI. LAIN –LAIN
  • Detail program dapat dilihat di website https://poinplus.bni.co.id atau BNI Call 15000-46.
  • Syarat Ketentuan ini merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dengan ketentuan dan informasi yang disampaikan oleh BNI termasuk melalui media lain seperti surat, brosur, poster dan lain-lain.
  • Poin yang sudah diredeem/ditukar tidak dapat dibatalkan.
  • Hadiah yang sudah dipilih tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan uang tunai atau hadiah lainnya.
  • Nasabah wajib menjaga kerahasiaan data serta keamanan password BNI POIN+ Nasabah berikut seluruh perangkat pribadi milik Nasabah (seperti gadget, alat komunikasi, komputer, simcard) yang digunakan oleh Nasabah untuk mengakses BNI POIN+ Nasabah.
  • BNI berhak untuk melakukan kegiatan pemeliharaan dan atau perubahan spesifikasi teknis dari fitur dan aksesibilitas BNI POIN+, termasuk menentukan standar teknis perangkat serta software yang dapat mengakses akun BNI POIN+.
  • Segala kerugian dan/atau tuntutan yang timbul sebagai akibat dari kelalaian dan/atau ketidakhati-hatian Nasabah dalam menjaga keamanan password akun BNI POIN+ dan perangkat pendukung yang digunakan Nasabah untuk mengakses akun BNI POIN+ sehingga dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan menimbulkan kerugian finansial adalah merupakan tanggung jawab Nasabah.
  • Syarat dan ketentuan produk dan/atau transaksi dan/atau lainnya yang tidak diatur dalam syarat dan ketentuan ini akan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing produk/transaksi.