TERMS & CONDITIONS

BNI Poin+ merupakan program point reward dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bagi Nasabah BNI sebagai bentuk penghargaan atas loyalitas Nasabah yang BNI berikan dari berbagai aktivitas perbankan Nasabah yang telah ditentukan BNI.

PERIODE PROGRAM

Periode Program BNI Poin+ berlaku mulai 1 Juni 2019 sampai dengan 31 Mei 2020.

KETENTUAN UMUM
  • Poin dari Program BNI Poin+ adalah Poin Plus atau disebut dengan Poin+ atau POIN+.
  • Aktivitas perbankan nasabah yang dihitung poin pada Program BNI Poin+ ini adalah untuk produk Tabungan BNI dan transaksinya.
  • Produk Tabungan BNI yang dapat memperoleh poin adalah khusus untuk tabungan perorangan dalam valuta rupiah, dengan jenis tabungan utama yang harus dimiliki Nasabah yaitu Taplus, Emerald Saving, Taplus Muda, Taplus Bisnis, Taplus Anak, Taplus Pegawai dan/atau produk tabungan tambahan atau tabungan lain yang ditentukan oleh BNI.
  • Poin+ dihitung berdasarkan Customer Identification File (CIF) per Nasabah atau akumulasi semua rekening Nasabah apabila Nasabah memiliki lebih dari 1 (satu) rekening BNI.
  • Dalam hal terdapat perbedaan data terhadap perhitungan Poin+ yang dicatat oleh Nasabah dengan yang tercatat pada sistem BNI, maka yang akan dijadikan acuan adalah data perhitungan poin pada sistem BNI.
  • Poin+ yang tidak ditukarkan (redeem), akan terakumulasi dengan Poin+ yang diperoleh selanjutnya sampai dengan batas waktu program berakhir.
  • Aktivitas perbankan yang dilakukan oleh Nasabah untuk mengumpulkan Poin+ akan mengikuti ketentuan yang berlaku pada aktivitas tersebut. Misalnya: ketentuan pada pembukaan rekening, setoran, pembayaran, pembelian, pendaftaran, dan aktivasi e-channel dan lain-lain.
  • Ketentuan program ini tidak merubah ketentuan aktivitas perbankan lainnya yang ada di BNI.
  • Nasabah tetap tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berkaitan pada aktivitas perbankan yang ditetapkan oleh BNI termasuk peraturan perundangan yang berlaku.
  • BNI dapat melakukan perubahan sewaktu-waktu terkait syarat & ketentuan yang selanjutnya akan diinformasikan BNI kepada seluruh Nasabah dalam bentuk dan cara yang ditetapkan oleh BNI.
  • Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh BNI tidak dapat diganggu gugat.
KRITERIA PRODUK

Berikut adalah kriteria produk yang dijadikan acuan dalam penghitungan Program BNI Poin+ adalah:

  • Kartu Debit
  • E-Channel (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking dan Phone Banking)
  • Saldo Tabungan

Produk Tabungan yang diperhitungkan dalam Program BNI Poin+ adalah produk tabungan perorangan dari BNI, yaitu:

  • BNI Emerald Saving
  • BNI Taplus Bisnis
  • BNI Taplus Pegawai
  • BNI Taplus Muda
  • BNI Taplus Anak.
  • BNI Taplus
MATRIK DASAR PENGHITUNGAN POIN+

Berikut adalah matriks dasar penghitungan Poin+:

Sr. No. Produk Jenis Transaksi/Aktivitas Jumlah Poin+*
1 Produk Tabungan Setiap pembukaan rekening tabungan sesuai kriteria produk, yang dilakukan di Kantor Cabang, BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI Sonic, maupun BNI Pembukaan Rekening Digital. 5 Poin+
2 Kartu Debit Pembelanjaan melalui POS (EDC/alat gesek khusus pembelanjaan) min. nominal transaksi Rp50.000,-.
Tidak berlaku kelipatan nominal.
1 Poin+
3 E - Channel
(ATM, Mobile, Internet, SMS dan Phone Banking)
Pendaftaran & Aktifasi e-channel BNI (Mobile, Internet, SMS dan Phone banking) 5 Poin+
Transaksi pembayaran (payment) min. nominal Rp50.000,- .
Tidak berlaku kelipatan nominal.
1 Poin+
Transaksi pembelian (purchase) min. nominal Rp50.000,- .
Tidak berlaku kelipatan nominal.
1 Poin+
Transfer antar Rekening BNI
Yang diperhitungkan Poin+ hanya Maksimum 10 kali transfer antar Rekening BNI dalam sebulan.
1 Poin+
Transfer antar Bank
Yang diperhitungkan Poin+ hanya Maksimum 10 kali transfer antar Bank dalam sebulan.
1 Poin+
4 Saldo Tabungan (produk tabungan seperti butir 1 kecuali Tapenas, Deposito dan produk pemerintah/bansos) Penambahan saldo rata-rata bulanan terhadap saldo rata-rata bulan sebelumnya setiap Rp2.500.000,- berlaku kelipatan. 1 Poin+
Kelipatan saldo rata-rata bulanan, setiap Rp2.500.000,- berlaku kelipatan 1 Poin+

Lebih detail sesuai dengan tabel berikut ini:

Keterangan Nominal Poin Keterangan
Registrasi Aktivasi e-Banking - 5  
Opening Account - 5  
Kelipatan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000 1 Mulai dihitung sejak program dimulai selama program berlagsung, dihitung bulanan
Penambahan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000 1 Peningkatan saldo rata-rata dibanding bulan sebelumnya

Keterangan Keterangan Transaksi Penjelasan
ATM SMS Mobile Internet EDC Agen46
Payment (Pembayaran) 1 1 1 1 1 1 Pembayaran minimal nominal Rp50.000,- tidak berlaku kelipatan nominal
Purchase (Pembelian) 1 1 1 1 1 1

Pembelian minimal nominal Rp50.000,- tidak berlaku kelipatan nominal

Belanja Kartu Debit melalui EDC BNI         1   Belanja dengan Kartu Debit di EDC BNI dengan minimal nominal Rp50.000,-

Sales Volume (tactical)
Transfer Antar Rekening BNI (maksimum 10 kali/bulan) 1 1 1 1 1 1

Transfer antar BNI, maksimum 10 kali per bulan, tidak berlaku transfer dalam 1 CIF

Transfer Antar Bank 1 1 1 1   1 Mendapat poin, namun dibatasi maksimal 10 kali/bulan

Simulasi Perhitungan Poin+

A. Simulasi I (Khusus Transaksi)*
Contoh perhitungan Poin+ bulan Juni:  
● Transaksi Debit di EDC Rp350.000,-           = 1 Poin+
● Daftar & Aktifasi  
- Mobile Banking = 5 Poin+
- SMS Banking = 5 Poin+
- Internet Banking = 5 Poin+
● Transfer antar Bank melalui ATM Rp70.000,- = 1 Poin+
● Transfer antar rekening BNI melalui SMS Banking Rp65.000,- = 1 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa melalui Internet Banking         Rp100.000,- = 1 Poin+
● Transaksi pembelian token listrik melalui Mobile Banking Rp50.000,- = 1 Poin+
Total Poin+ = 20 Poin+

B. Simulasi II (Khusus Saldo Tabungan)*
Contoh perhitungan Poin+ bulan Juli  
● Buka rekening Taplus= 5 Poin+ = 5 Poin+
● Rata-rata Saldo Tabungan:  
- Bulan Juni Rp5.000.000,-    
- Bulan Juli Rp95.000.000,-    
Kenaikan saldo rata-rata Rp90.000.000,-  = (90Jt/2,5Jt) =  36 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli Rp95.000.000,- = (95Jt/2,5Jt) =  38 Poin+
Total Poin+ =  79 Poin+

C. Simulasi II (Campuran Transaksi dan Saldo Tabungan)*
Contoh perhitungan Poin+ bulan Juli  
● Buka rekening Taplus Muda = 5 Poin+
● Daftar & Aktifasi  
- Mobile Banking = 5 Poin+
- SMS Banking = 5 Poin+
- Internet Banking = 5 Poin+
● Transaksi Debit di EDC BNI Rp125.000, = 1 Poin+
● Transfer antar rekening BNI melalui SMS Banking Rp150.000,- = 1 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa melalui Mobile Banking Rp50.000,- = 1 Poin+
● Rata-rata Saldo Tabungan:  
- Bulan Juni Rp200.000,-    
- Bulan Juli Rp725.000.000,-    
Kenaikan saldo = Rp724.800.000, -= (724,8Jt/2,5Jt) = 289 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli Rp725,000.000,- = (725Jt/2,5Jt) = 290 Poin+
Total Poin+ = 602 Poin+

*Perhitungan Poin+ dibulatkan ke bawah

*Jika terjadi perbedaan perhitungan poin antara perhitungan Nasabah dengan yang ada di sistem Bank, maka perhitungan yang berlaku adalah perhitungan yang tercatat di sistem Bank

PENUKARAN POIN+

Penukaran Poin+ dapat dilakukan melalui channel sebagai berikut:

  • Website www.poinplus.bni.co.id, melalui website ini penukaran dapat dilakukan untuk semua kategori hadiah. Hadiah dapat dikirim ke alamat sesuai data tersimpan di sistem BNI atau ke alamat lain.
  • EDC BNI, penukaran melalui alat gesek atau EDC POS BNI. Saat ini penukaran melalui EDC terbatas pada merchant-merchant yang ditunjuk bekerja sama untuk penukaran Poin+ melalui EDC (pengembangan)
  • Proses penukaran Poin+ dengan hadiah pihak BNI akan dibantu oleh pihak ketiga yang bekerjasama strategis. Startegic Partner akan bertanggungjawab atas penyediaan hingga pengiriman hadiah.

    Setiap transaksi penukaran Poin+, Nasabah akan dikirimkan notifikasi melalui SMS dan alamat email yang tertera di sistem BNI. Jika data nomor handphone atau alamat email kosong atau salah/tidak sesuai/tidak valid maka Nasabah tidak akan menerima notifikasi.
  • Transaksi penukaran Poin+ Nasabah akan menerima OTP ke nomor handphone Nasabah yang tercatat di sistem BNI. Jika Nasabah tidak memiliki nomor handphone yang valid di sistem BNI maka Nasabah tidak akan menerima OTP.
  • Poin+ yang telah ditukarkan tidak dapat dibatalkan, kecuali BNI dan atau partner BNI tidak dapat memenuhi pengiriman barang/jasa yang ditukarkan. Pada kondisi ini, BNI akan mengembalikan Poin+ yang telah ditukar.
  • Dalam hal nomor handphone Nasabah yang tidak sesuai dengan data BNI, maka Nasabah wajib melakukan pengkinian nomor handphone ke Kantor Cabang BNI, melalui ATM BNI, BNI Mobile Banking, atau BNI Internet Banking.
KATEGORI HADIAH
  • Travel, kategori khusus berkaitan dengan perjalanan seperti tiket pesawat, hotel, penyewaan mobil dan lain-lain.
  • Non Travel, kategori hadiah berupa barang/ jasa seperti gadget, electronic, home appliance, fee waiver, jasa layanan majalah/ TV dan lain-lain.
  • Produk dan Jasa Bank BNI, kategori spesial seperti Topup Tapcash, Link Aja, Gopay, Payment Bills, pengganti fee charger transfer dan lain-lain melalui Mobile Banking BNI (dalam pengembangan).
  • Voucher, kategori spesifik berbentuk voucher fisik maupun elektronik (e-voucher) seperti voucher belanja, hotel, pulsa dan lain-lain.
  • Poin Miles untuk beberapa maskapai penerbangan antara lain: Garuda Miles, Citilink Miles dan lain-lain.
  • Kategori dan jenis hadiah dapat berubah sewaktu-waktu tergantung ketersediaan barang/ jasa. BNI berhak mengubah daftar kategori dan jenis hadiah sesuai ketersediaan barang/ jasa. Perubahan akan diinformasikan melaui media yang disediakan dan ditentukan oleh BNI.
MASA BERLAKU POIN+
  • Masa berlaku Poin+ adalah selama Program BNI Poin+ ini berlangsung.
  • Jika akumulasi atau saldo Poin+ tidak ditukarkan hingga akhir periode Program BNI Poin+, maka Poin+ akan hangus.
  • Jika nasabah menutup seluruh rekening BNI maka seluruh Poin+ yang terkumpul akan hangus walaupun masa program belum berakhir.
KEIKUTSERTAAN PROGRAM BNI POIN+
  • Nasabah tidak perlu mendaftar untuk mengikuti program ini. Nasabah yang masih memiliki rekening perorangan di BNI maka secara otomatis dapat mengikuti program ini.
  • Kekutsertaan dimulai pada saat program ini diluncurkan atau pada saat Nasabah bergabung dengan BNI melalui rekening produk-produk BNI.
  • Untuk mengumpulkan Poin+ Nasabah wajib mengikuti ketentuan dalam memperoleh Poin+ seperti membuka rekening, bertransaksi, meningkatkan saldo dan/atau lain-lain.
  • Keikutsertaan program akan secara otomatis akan berakhir jika Nasabah tidak lagi memiliki rekening di BNI dan/atau nasabah meninggal dunia dan/atau nasabah dinyatakan tidak berhak mengumpulkan atau menukarkan Poin+ oleh BNI karena melakukan kecurangan dalam pengumpulan Poin+ atau melanggar ketentuan perbankan lainnya. Dalam hal ini BNI sepenuhnya berhak untuk membatalkan keikutsertaan Nasabah dalam program ini.
  • Dalam hal Nasabah tidak lagi memiliki Tabungan BNI sebagaimana pada bagian II Ketentuan Umum butir 3 (tiga) berlaku seketika sesuai tanggal Nasabah menutup rekeningnya. Dalam hal Nasabah meninggal dunia, BNI menerima dokumen/konfirmasi dari ahli waris atau pihak manapun yang membuktikan bahwa Nasabah telah meninggal dunia. Dalam hal Nasabah dinyatakan melakukan pelanggaran oleh BNI sebagaimana dimaksud pada bagian IX Kelalaian atau Pelanggaran Syarat dan Ketentuan Umum ini.
KELALAIAN ATAU PELANGGARAN
  • BNI berhak untuk menolak, membatalkan penukaran/redeem Poin+ atau memblokir sementara waktu akun BNI Poin+ Nasabah yang melakukan kelalaian/pelanggaran seperti Poin+ Nasabah terindikasi diperoleh dari transaksi yang tidak benar dan/atau tidak wajar.
  • Setiap penolakan, pembatalan penukaran/redeem hadiah atau pemblokiran akun BNI Poin+ akan diberitahukan oleh BNI kepada Nasabah dalam bentuk dan cara yang ditetapkan oleh BNI.
  • Untuk kondisi yang disebutkan pada bagian IX. Kelalaian atau Pelanggaran butir 1 (satu) di atas, maka Nasabah selambat – lambatnya dalam 14 (empat belas) hari kalender sejak menerima pemberitahuan dari BNI, harus memberikan klarifikasi berikut dokumen pendukungnya kepada BNI terhadap kelalaian/pelanggaran yang terjadi.
  • Dalam hal Nasabah terbukti secara sah dan meyakinkan bahwa poin BNI Poin+ Nasabah tersebut diperoleh dari transaksi yang tidak benar/tidak wajar. Maka BNI berhak untuk menyatakan Nasabah telah melakukan kelalaian/pelanggaran dan oleh karenanya BNI berhak untuk mengakhiri kepersertaan Nasabah dalam Program BNI Poin+.
PENANGANAN KELUHAN
  • Setiap keluhan dapat disampaikan melalui BNI Call 15000-46.
  • Jika persediaan hadiah habis/tidak terdapat penyedia jasa/barang, maka Bank BNI akan menyampaikan informasi tersebut kepada Nasabah. Poin+ yang telah ditukar akan dikembalikan/dibatalkan oleh BNI dan Nasabah dapat menukarkan kembali dengan hadiah lainnya yang tersedia.
  • Kualitas barang/jasa merupakan tanggung jawab penyedia barang/jasa, jika ada keluhan mengenai kualitas barang maka keluhan dapat disampaikan langsung ke penyedia barang/ jasa.
  • Keluhan selambat-lambatnya dapat disampaikan 14 (empat belas) hari kalender sejak penukaran Poin+. Keluhan tidak akan ditindaklanjuti jika diterima BNI setelah lebih dari 14 (empat belas) hari kalender.
LAIN –LAIN
  • Detail program dapat dilihat di website www.poinplus.bni.co.id atau BNI Call 15000-46.
  • Syarat Ketentuan ini merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dengan ketentuan dan informasi yang disampaikan oleh BNI termasuk melalui media lain seperti surat, brosur, poster dan lain-lain.
  • Poin yang sudah diRedeem/ditukar tidak dapat dibatalkan.
  • Hadiah yang sudah dipilih tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan uang tunai atau hadiah lainnya.
  • Nasabah wajib menjaga kerahasiaan data serta keamanan password Poin+ Nasabah berikut seluruh perangkat pribadi milik Nasabah (seperti gadget, alat komunikasi, komputer, simcard) yang digunakan oleh Nasabah untuk mengakses Poin+ Nasabah.
  • BNI berhak untuk melakukan kegiatan pemeliharaan dan atau perubahan spesifikasi teknis dari fitur dan aksesibilitas BNI Poin+, termasuk menentukan standar teknis perangkat serta software yang dapat mengakses akun BNI Poin+.
  • Segala kerugian dan/atau tuntutan yang timbul sebagai akibat dari kelalaian dan/atau ketidakhati-hatian Nasabah dalam menjaga keamanan password akun BNI Poin+ dan perangkat pendukung yang digunakan Nasabah untuk mengakses akun BNI Poin+ sehingga dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan menimbulkan kerugian finansial adalah merupakan tanggung jawab Nasabah.
  • Syarat dan ketentuan produk dan/atau transaksi dan/atau lainnya yang tidak diatur dalam syarat dan ketentuan ini akan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing produk/transaksi.
  • Dalam pengelolaan program BNI Poin+. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. bekerjasama dengan PT. Gift Manajemen Indonesia (Giift).