FAQs

1. Apa Yang Dimaksud BNI POIN+?

BNI PoinPlus (BNI POIN+) adalah program loyalti nasabah BNI berbasis poin, dimana nasabah BNI akan diberikan hadiah berupa sejumlah POIN+ tertentu atas aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah perorangan produk tabungan BNI Taplus termasuk tabungan turunan BNI Taplus.

2. Kapan BNI POIN+ Berlangsung dan Berakhir?

Program BNI POIN+ berlangsung sejak 01 Juni 2019 dan berakhir pada 30 Juni 2021, dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BNI.

3. Produk Tabungan Apa Yang Dapat Diikutkan Dalam BNI POIN+?

Produk tabungan yang berlaku dalam Program BNI POIN+ adalah produk tabungan perorangan dalam valuta rupiah yaitu BNI Taplus, Emerald Saving, Taplus Bisnis, Taplus Muda, Taplus Pegawai, Taplus Anak dan berbagai Kartu Co-Branding BNI.

4. Apa Keunggulan BNI POIN+ Dibandingkan Program Hadiah Bank Lainnya?

Keunggulannya yaitu:

  • Poin dari Porgam BNI POIN+ mudah didapatkan (dari segalam macam aktivitas perbankan mulai dari pembukaan rekening, aktivasi e-banking, transaksi e-channel dan kartu debit serta menabung).
  • Hadiah pasti diperoleh Nasabah, selama Poin mencukupi untuk penukaran/redeem, tidak perlu pengundian kecuali penukaran poin khusus kategori undian / lelang / sejenisnya.
  • Perolehan Poin diakumulasikan setiap bulan sehingga jumlahnya terus bertambah (jika tidak ditukar/redeem).
  • Nasabah bebas memilih beragam hadiah langsung yang tersedia selama Poin yang dimiliki mencukupi untuk ditukar/di redeem.
  • Nasabah tidak dikenakan pajak hadiah (Bebas Pajak hadiahnya)
  • Poin dapat ditransfer antar Nasabah BNI yang telah memiliki akun BNI POIN+.

5. Siapakah Yang Dapat Mengikuti Program BNI POIN+?

Seluruh Nasabah maupun pegawai BNI yang memiliki tabungan perorangan dengan valuta rupiah yaitu BNI Taplus, Emerald Saving, Taplus Bisnis, Taplus Muda, Taplus Pegawai, Taplus Anak dan berbagai Kartu Co-Branding BNI dapat mengikuti program ini.

6. Bagaimanakah Cara Mendapatkan POIN+?

Berikut adalah matriks dasar penghitungan POIN+:

Keterangan Nominal Poin Keterangan
Registrasi Aktivasi e-Banking - 10 Mobile Banking, Internet Banking & SMS Banking
Opening Account - 10 Taplus, Taplus Bisnis Perorangan, Taplus Muda, Taplus Pegawai, Taplus Anak, Emerald Saving, Berbagai Kartu Co-Brand BNI
Kelipatan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000,- 1 Mulai dihitung sejak program dimulai selama program berlagsung, dihitung bulanan
Penambahan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000,- 1 Peningkatan saldo rata-rata bulan berjalan dibanding bulan sebelumnya

Keterangan Keterangan Transaksi Penjelasan
ATM SMS Mobile Internet EDC Agen46
Pembayaran (Payment) 1 1 1 1 1 1 Pembayaran nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan
Pembelian (Purchase) 1 1 1 1 1 1

Pembelian nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan

Transaksi Kartu Debit melalui EDC BNI     1
(VCN / Virtual Card Number)
  1   Transaksi Kartu Debit di EDC BNI dengan nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan
Transfer Antar Rekening BNI 1 1 1 1 1 1

Transfer antar rekening BNI, nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan, maksimum 100 poin per bulan, tidak berlaku transfer dalam 1 CIF

Transfer Antar Bank 1 1 1 1   1 Transfer antar Bank, nominal Rp50.000,- berlaku kelipatan, maksimum 100 poin per bulan,

Simulasi Perhitungan POIN+


A. Simulasi I (Transaksi)*
Contoh Perhitungan Poin+ bulan Juni:    
● Transaksi Kartu Debit di mesin EDC BNI IDR 985.000,- = 19 Poin+
● Daftar dan Aktifasi    
- Mobile Banking   = 10 Poin+
- SMS Banking   = 10 Poin+
- Internet Banking   = 10 Poin+
● Transfer antar Bank melalui ATM IDR 370.000,- = 7 Poin+
● Transfer antar BNI melalui SMS Banking IDR 1.650.000,- = 33 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa handphone melalui Internet Banking IDR 100.000,- = 2 Poin+
● Transaksi pembelian token listrik (PLN) melalui Mobile Banking IDR 175.000,- = 5 Poin+
  Total Poin+ = 104 Poin+

B. Simulasi II (Saldo Tabungan)*
Contoh Perhitungan Poin+ bulan Juli:  
● Pembukaan Rekening Taplus = 10 Poin+
● Rata - rata saldo tabungan:  
- Saldo bulan Juni IDR 5.000.000,-    
- Saldo bulan Juli IDR 95.000.000,-    
Peningkatan Saldo Tabungan IDR 90.000.000,-   = (90Mio/2,5Mio) = 36 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli IDR 95.000.000,- = (95Mio/2,5Mio) = 38 Poin+
Total Poin+ = 84 Poin+

C. Simulasi II (Transactional and Savings Balance)*
Contoh Perhitungan Poin+ bulan Juli:  
● Pembukaan Rekening Taplus Muda = 10 Poin+
● Daftar dan Aktifasi  
- Mobile Banking = 10 Poin+
- SMS Banking = 10 Poin+
- Internet Banking = 10 Poin+
● Transaksi Kartu Debit di mesin EDC BNI IDR 1.125.000,- = 22 Poin+
● Transfer antar BNI melalui SMS Banking IDR 750.000,- = 15 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa handphone melalui Internet Banking IDR 150.000,- = 5 Poin+
● Rata - rata saldo tabungan:  
- Saldo Bulan Juni Rp200.000,-    
- Saldo Bulan Juli IDR 125.000.000,-    
Peningkatan Saldo Tabungan IDR 123.000.000,- = (123Mio/2,5Mio) = 49 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli IDR 125,000.000,- = (125Mio/2,5Mio) = 50 Poin+
Total Poin+ = 181 Poin+

*) Keterangan :

  • Nilai POIN+ dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kebutuhan Bisnis dan sesuai dengan beberapa tactical program yang dibatasi dengan periode program
  • Perhitungan POIN+ dibulatkan ke bawah
  • Jika terjadi perbedaan perhitungan POIN+ antara perhitungan Nasabah dengan yang ada di sistem BNI, maka perhitungan yang berlaku adalah perhitungan yang tercatat di sistem BNI
  • Poin yang di generate per kartu/rekening akan diakumulasikan berdasarkan nomor CIF (key identifier).

7. Berapa Lama Masa Berlaku BNI POIN+?

POIN+ akan kadaluarsa bersamaan dengan berakhirnya periode program BNI POIN+, dan apabila jumlah atau saldo Poin tidak ditukarkan/redeem, maka secara otomatis akan hangus.

8. Kapan Saldo Dan Transaksi E-Channel Nasabah Mulai Dihitung Untuk Pembentukan POIN+?

Perhitungan pembentukan POIN+ dimulai tanggal 01 Juni 2019. Poin Nasabah akan kadaluarsa pada tanggal 30 Juni 2021. Namun demikian update Poin untuk transaksi e-channel dan transaksi kartu debit POIN+ akan terbentuk ±H+5. Sedangkan Poin dari saldo tabungan akan diupdate setiap bulan dengan maksimal 10 hari kerja pada bulan berikut nya.

Contoh : Transaksi e-Banking dan kartu debit tanggal 01 Juli 2019 akan ter-create Poin nya pada 06 Juli 2019. Rata-rata saldo tabungan bulan Juli 2019 akan ter-create Poin nya pada maksimal 14 Agustus 2019.

.

9. Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah / Saldo BNI POIN+?

Nasabah dapat melakukan pengecekan jumlah poin melalui BNI Mobile Banking.

10. Bagaimana Cara Penukaran/Redemption BNI POIN+?

Nasabah dapat melakukan penukaran/redemption poin secara online melalui BNI Mobile Banking dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Setelah mengetahui jumlah poin, Nasabah dapat memilih hadiah yang diinginkan. Hadiah bebas untuk dipilih sepanjang jumlah poin yang Nasabah miliki mencukupi dan stock hadiah tersedia.

*) Keterangan:

  • Nasabah tidak dikenakan pajak Hadiah Langsung
  • Jumlah poin Nasabah akan berkurang secara otomatis setelah melakukan penukaran/redemption hadiah.
  • Poin yang sudah ditukar tidak dapat dikembalikan.

11. Apa Saja Hadiah Langsung Yang Dapat Ditukar/Diredeem Dengan POIN+?

Poin dapat ditukar dengan semua hadiah yang ada di BNI POIN+ mulai dari kategori travel (pesawat, hotel, sewa kendaraan, dll), voucher dan e-voucher (Alfamart, Indomart, LinkAja, Gopay, OVO dll), Elektronik, Fashion, Life Style, Home Living, Donasi, Transfer Poin dll.

12. Apakah Bukti Bahwa Nasabah Telah Melakukan Penukaran/Redemption POIN+?

Setelah Nasabah melakukan penukaran/redemption poin, Nasabah memperoleh redemption letter / bukti penukaran melalui email Nasabah dan transaksi tercatat di menu histori transaksi.

13. Dimanakah Nasabah dapat mengambil hadiah POIN+?

Hadiah langsung poin akan dikirim ke alamat Nasabah sesuai dengan alamat yang sudah didaftarkan pada halaman ”alamat pengiriman”.

14. Apakah Yang Diserahkan Oleh Nasabah Kepada Kurir Pada Saat Penerimaan Kiriman Hadiah BNI POIN+?

Bila diperlukan Nasabah agar mempersiapkan dan menyerahkan fotokopi KTP/Paspor/Kitas yang masih berlaku kepada kurir atau mengikuti kebijakan/peraturan yang berlaku pada perusahaan jasa pengiriman tersebut.

15. Bagaimana Apabila Hadiah Yang Ditukarkan Nasabah Tidak Diterima Oleh Nasabah?

BNI akan mengirimkan hadiah tersebut sesuai alamat pengiriman yang diisi oleh nasabah pada saat penukaran dengan SLA yang berlaku, namun apabila setelah dilakukan pengiriman hadiah mengalami retur dengan alasan seperti berikut: Alamat tidak lengkap, ybs tidak ditempat, ybs pindah alamat atau nama ybs tidak dikenal maka BNI akan menghubungi Nasabah melalui telepon ataupun email yang tertera disitem BNI dan akan melakukan pengiriman kembali setelah mendapat informasi dari nasabah melalui telepon maupun email terkait pengiriman hadiah yang retur. Namun Apabila nasabah tidak bisa dihubungi atau tidak ada respon baik selama paling lambat 10 hari kerja setelah dihubungi, maka hadiah nasabah tidak BNI kirimkan kembali dan tidak dapat ditagihkan kembali. Hadiah tersebut menjadi kewenangan BNI.

16. Apakah Penyebab Munculnya Message “Nomor Kartu Atau Tanggal Lahir Anda Salah” Pada Saat Registrasi Akun BNI POIN+ Secara Online?

Penyebabnya adalah Nasabah salah input data saat registrasi (nomor kartu atau tanggal lahir salah). Solusinya adalah Nasabah dapat menginput ulang data sesuai dengan yang sebenarnya.

17. Apakah Penyebab Munculnya Message “OTP Gagal Kirim Segera Kunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat Atau Hubungi BNI Call” Pada Saat Registrasi Akun BNI POIN+ Secara Online?

Penyebabnya adalah:

  • Nomor telepon yang tercatat dalam sistem BNI tidak valid (salah nomor telepon atau perubahan nomor telepon).
  • Nasabah tidak memiliki cukup pulsa pada nomor telepon yang tercatat dalam sistem BNI.

Solusinya adalah Nasabah dapat mengunjungi Kantor Cabang BNI terdekat untuk update nomor telepon terbaru yang valid.

18. Apabila Nasabah Melakukan Penggantian Kartu Debit BNI, Apakah Dapat Melakukan Registrasi?

Apabila nasabah melakukan penggantian kartu, registrasi dapat dilakukan H+2 dari tanggal penggantian kartu.

19. Apakah Nasabah Yang Baru Buka Rekening Dapat Langsung Melakukan Registrasi?

Nasabah yang baru membuka rekening dapat melakukan registrasi H+2 dari tanggal setoran pertama dan pengaktifan debit BNI.

20. Berapa Lama Masa Berlaku BNI POIN+?

Poin akan kadaluarsa bersamaan dengan berakhirnya periode program BNI POIN+, dan apabila jumlah atau saldo poin tidak ditukarkan/redeem, maka secara otomatis akan hangus.

21. Apakah Yang Harus Dilakukan Apabila Nasabah Lupa “User” Atau “Password” Akun BNI POIN+?

Jika Nasabah lupa user atau password akun BNI POIN+ maka Nasabah dapat meng-klik menu “Lupa Password” pada laman Login Akun BNI POIN+ pada website www.poinplus.bni.co.id dan mengikuti petunjuk yang tertera pada laman tersebut.

22. Bagaimana Apabila Nasabah Tidak Bisa Melakukan Registrasi Akun BNI POIN+?

Nasabah dapat menghubungi Kantor Cabang BNI terdekat untuk menyampaikan data nama lengkap, nomor rekening, tanggal lahir, nomor kartu debit serta expired date-nya, berikut dengan alamat email dan nomor handphone, dengan mengisi dan menandatangani form aplikasi umum dan melampirkan fotocopy Buku Tabungan, KTP dan Kartu Debit BNI. Selanjutnya Cabang akan input pengaduan Nasabah melalui aplikasi CRM untuk ditindaklanjuti oleh Kantor Pusat.

23. Bagaimana Apabila BNI POIN+ Nasabah Tidak Bertambah Setelah Transaksi Atau Berkurang Tanpa Ada Penukaran/Redemption?

Nasabah dapat menghubungi BNI Call 15000-46 atau Kantor Cabang BNI terdekat dengan menyampaikan data: nama lengkap, nomor rekening, tanggal lahir, nomor kartu debit serta expired date kartu debit, alamat email dan nomor handphone. Untuk pengaduan di Cabang, Nasabah kemudian mengisi dan menandatangani form aplikasi umum dan melampirkan fotocopy Buku Tabungan, KTP dan Kartu Debit BNI. Selanjutnya Cabang akan input pengaduan Nasabah melalui aplikasi CRM untuk ditindaklanjuti oleh Kantor Pusat.
*) untuk detil informasi transaksi yang menghasilkan poin dapat dibaca pada syarat dan ketentuan program BNI POIN+.

24. Kemana Nasabah Dapat Menghubungi Apabila Ada Pertanyaan Terkait Program Ini?

Nasabah dapat menhubungi BNI Call 15000-46 selama 24/7.