FAQs

Apa Yang Dimaksud BNI Poin+?

BNI PoinPlus (BNI Poin+) adalah program loyalti nasabah BNI berbasis poin, dimana nasabah BNI akan diberikan hadiah berupa sejumlah Poin+ tertentu atas aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah perorangan produk tabungan BNI Taplus termasuk tabungan turunan Tabungan BNI Taplus.

Kapan BNI Poin+ Berlangsung dan Berakhir?

Program BNI Poin+ berlangsung sejak 01 Juni 2019 dan berakhir pada 31 Mei 2020, dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BNI

Produk Tabungan Apa Yang Dapat Diikutkan DalamBNI Poin+?

Produk tabungan yang berlaku dalam Program BNI Poin+ adalah produk tabungan perorangan dalam valuta rupiah yaitu BNI Taplus, Emerald Saving, Taplus Bisnis, Taplus Muda, Taplus Pegawai dan Taplus Anak.

Apa Keunggulan BNI Poin+ Dibandingkan Program Hadiah Bank Lainnya?

Keunggulannya yaitu:

  • Poin+ dari Porgam BNI Poin+ mudah didapatkan (dari segalam macam aktivitas perbankan mulai dari pembukaan rekening, aktivasi e-banking, transaksi e-channel dan kartu debit serta menabung).
  • Hadiah pasti diperoleh Nasabah, selama Poin+ mencukupi untuk penukaran/redeem, tidak perlu pengundian.
  • Perolehan Poin+ diakumulasikan setiap bulan sehingga jumlahnya terus bertambah (jika tidak ditukar/redeem).
  • Nasabah bebas memilih beragam hadiah langsung yang tersedia selama Poin+ yang dimiliki mencukupi untuk ditukar/di redeem.
  • Nasabah tidak dikenakan pajak hadiah (Bebas Pajak hadiahnya)
  • Poin+ dapat ditransfer antar Nasabah BNI yang telah memiliki akun BNI Poin+.

Siapakah Yang Dapat Mengikuti Program BNI Poin+?

Seluruh Nasabah maupun pegawai BNI yang memiliki tabungan perorangan dengan valuta rupiah yaitu BNI Taplus, Emerald Saving, Taplus Bisnis, Taplus Muda, Taplus Pegawai dan Taplus Anak dapat mengikuti program ini.

Bagaimanakah Cara Mendapatkan Poin+?

Berikut adalah matriks dasar penghitungan Poin+:

Sr. No. Produk Jenis Transaksi/Aktivitas Jumlah Poin+*
1 Produk Tabungan Setiap pembukaan rekening tabungan sesuai kriteria produk, yang dilakukan di Kantor Cabang, BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI Sonic, maupun BNI Pembukaan Rekening Digital. 5 Poin+
2 Kartu Debit Pembelanjaan melalui POS (EDC/alat gesek khusus pembelanjaan) min. nominal transaksi Rp50.000,-.
Tidak berlaku kelipatan nominal.
1 Poin+
3 E - Channel
(ATM, Mobile, Internet, SMS dan Phone Banking)
Pendaftaran & Aktifasi e-channel BNI (Mobile, Internet, SMS dan Phone banking) 5 Poin+
Transaksi pembayaran (payment) min. nominal Rp50.000,- .
Tidak berlaku kelipatan nominal.
1 Poin+
Transaksi pembelian (purchase) min. nominal Rp50.000,- .
Tidak berlaku kelipatan nominal.
1 Poin+
Transfer antar Rekening BNI
Yang diperhitungkan Poin+ hanya Maksimum 10 kali transfer antar Rekening BNI dalam sebulan.
1 Poin+
Transfer antar Bank
Yang diperhitungkan Poin+ hanya Maksimum 10 kali transfer antar Bank dalam sebulan.
1 Poin+
4 Saldo Tabungan (produk tabungan seperti butir 1 kecuali Tapenas, Deposito dan produk pemerintah/bansos) Penambahan saldo rata-rata bulanan terhadap saldo rata-rata bulan sebelumnya setiap Rp2.500.000,- berlaku kelipatan. 1 Poin+
Kelipatan saldo rata-rata bulanan, setiap Rp2.500.000,- berlaku kelipatan 1 Poin+

Lebih detail sesuai dengan tabel berikut ini:

Keterangan Nominal Poin Keterangan
Registrasi Aktivasi e-Banking - 5  
Opening Account - 5  
Kelipatan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000 1 Mulai dihitung sejak program dimulai selama program berlagsung, dihitung bulanan
Penambahan saldo rata-rata bulanan Rp2.500.000 1 Peningkatan saldo rata-rata dibanding bulan sebelumnya

Keterangan Keterangan Transaksi Penjelasan
ATM SMS Mobile Internet EDC Agen46
Payment (Pembayaran) 1 1 1 1 1 1 Pembayaran minimal nominal Rp50.000,- tidak berlaku kelipatan nominal
Purchase (Pembelian) 1 1 1 1 1 1

Pembelian minimal nominal Rp50.000,- tidak berlaku kelipatan nominal

Belanja Kartu Debit melalui EDC BNI         1   Belanja dengan Kartu Debit di EDC BNI dengan minimal nominal Rp50.000,-

Sales Volume (tactical)
Transfer Antar Rekening BNI (maksimum 10 kali/bulan) 1 1 1 1 1 1

Transfer antar BNI, maksimum 10 kali per bulan, tidak berlaku transfer dalam 1 CIF

Transfer Antar Bank 1 1 1 1   1 Mendapat poin, namun dibatasi maksimal 10 kali/bulan

Simulasi Perhitungan Poin+


A. Simulasi I (Khusus Transaksi)*
Contoh perhitungan Poin+ bulan Juni:  
● Transaksi Debit di EDC Rp350.000,-           = 1 Poin+
● Daftar & Aktifasi  
- Mobile Banking = 5 Poin+
- SMS Banking = 5 Poin+
- Internet Banking = 5 Poin+
● Transfer antar Bank melalui ATM Rp70.000,- = 1 Poin+
● Transfer antar rekening BNI melalui SMS Banking Rp65.000,- = 1 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa melalui Internet Banking         Rp100.000,- = 1 Poin+
● Transaksi pembelian token listrik melalui Mobile Banking Rp50.000,- = 1 Poin+
Total Poin+ = 20 Poin+

B. Simulasi II (Khusus Saldo Tabungan)*
Contoh perhitungan Poin+ bulan Juli  
● Buka rekening Taplus= 5 Poin+ = 5 Poin+
● Rata-rata Saldo Tabungan:  
- Bulan Juni Rp5.000.000,-    
- Bulan Juli Rp95.000.000,-    
Kenaikan saldo rata-rata Rp90.000.000,-  = (90Jt/2,5Jt) =  36 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli Rp95.000.000,- = (95Jt/2,5Jt) =  38 Poin+
Total Poin+ =  79 Poin+

C. Simulasi II (Campuran Transaksi dan Saldo Tabungan)*
Contoh perhitungan Poin+ bulan Juli  
● Buka rekening Taplus Muda = 5 Poin+
● Daftar & Aktifasi  
- Mobile Banking = 5 Poin+
- SMS Banking = 5 Poin+
- Internet Banking = 5 Poin+
● Transaksi Debit di EDC BNI Rp125.000, = 1 Poin+
● Transfer antar rekening BNI melalui SMS Banking Rp150.000,- = 1 Poin+
● Transaksi pembelian pulsa melalui Mobile Banking Rp50.000,- = 1 Poin+
● Rata-rata Saldo Tabungan:  
- Bulan Juni Rp200.000,-    
- Bulan Juli Rp725.000.000,-    
Kenaikan saldo = Rp724.800.000, -= (724,8Jt/2,5Jt) = 289 Poin+
● Kelipatan Rata-rata Saldo tabungan bulan Juli Rp725,000.000,- = (725Jt/2,5Jt) = 290 Poin+
Total Poin+ = 602 Poin+

*) Ketenangan :

  • Nilai Poin+ dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kebutuhan Bisnis dan sesuai dengan beberapa tactical program yang dibatasi dengan periode program
  • Perhitungan Poin+ dibulatkan ke bawah
  • Jika terjadi perbedaan perhitungan Poin+ antara perhitungan Nasabah dengan yang ada di sistem BNI, maka perhitungan yang berlaku adalah perhitungan yang tercatat di sistem BNI
  • Poin+ yang di generate per kartu/rekening akan diakumulasikan berdasarkan nomor CIF (key identifier).

Berapa Lama Masa Berlaku BNI Poin+?

Poin+ akan kadaluarsa bersamaan dengan berakhirnya periode program BNI Poin+, dan apabila jumlah atau saldo Poin+ tidak ditukarkan/redeem hadiah, makan secara otomatis akan hangus.

Kapan Saldo Dan Transaksi E-Channel Nasabah Mulai Dihitung Untuk Pembentukan Poin+?

Perhitungan pembentukan Poin+ dimulai tanggal 01 Juni 2019. Poin+ Nasabah akan kadaluarsa pada tanggal 31 Mei 2020. Namun demikian update Poin+ untuk transaksi e-channel dan transaksi kartu debit Poin+ akan terbentuk H+2. Sedangkan Poin+ dari saldo tabungan akan diupdate setiap bulan dengan maksimal 5 hari kerja pada awal bulan berikut nya.

Contoh : Transaksi e-Banking dan kartu debit tanggal 01 Juli 2019 akan ter-create Poin+ nya pada 03 Juli 2019. Rata-rata saldo tabungan bulan Juli 2019 akan ter-create Poin+ nya pada maksimal 07 Agustus 2019.

Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Poin+?

Nasabah dapat melakukan pengecekan jumlah Poin+ melalui website www.poinplus.bni.co.id dengan register akun BNI Poin+ terlebih dahulu dan mengikuti langkah-langkah yang tertera dalam website tersebut.

Bagaimana Cara Penukaran/Redemption Poin+?

Nasabah dapat melakukan penukaran/redemption Poin+ secara online dengan melalui website www.poinplus.bni.co.id dengan melakukan login akun BNI Poin+ terlebih dahulu dan mengikuti langkah-langkah yang tertera dalam website tersebut. Setelah mengetahui jumlah Poin+, Nasabah dapat memilih hadiah yang diinginkan dengan memilih menu “Katalog Poin+” dan pilih kategori barang. Hadiah bebas untuk dipilih sepanjang jumlah Poin+ yang Nasabah miliki mencukupi.

*) Keterangan:

  • Nasabah tidak dikenakan pajak Hadiah Langsung
  • Jumlah Poin+ Nasabah akan berkurang secara otomatis setelah melakukan penukaran/redemption hadiah langsung.
  • Poin+ yang sudah ditukar tidak dapat dikembalikan.

Apa Saja Hadiah Langsung Yang Dapat Ditukar/Diredeem Dengan Poin+?

Poin+ dapat ditukar dengan semua hadiah yang ada di website www.poinplus.bni.co.id mulai dari kategori travel (pesawat, hotel, sewa kendaraan, dll), voucher dan e-voucher (Alfamart, Indomart, LinkAja, Gopay, OVO dll), Elektronik, Fashion, Life Style, Home Living dll.

Apakah Bukti Bahwa Nasabah Telah Melakukan Penukaran/Redemption Poin+?

Setelah Nasabah melakukan penukaran/redemption Poin+, Nasabah memperoleh redemption letter via email dan transaksi tercatat di menu histori transaksi.

Dimanakah Nasabah dapat mengambil hadiah Poin+?

Hadiah langsung Poin+ akan dikirim ke alamat Nasabah sesuai dengan alamat yang sudah didaftarkan pada halaman ”alamat pengiriman”.

Apakah Yang Diserahkan Oleh Nasabah Kepada Kurir Pada Saat Penerimaan Kiriman Hadiah Poin+?

Nasabah agar mempersiapkan dan menyerahkan fotokopi KTP/Paspor/Kitas yang masih berlaku kepada kurir.

Bagaimana Apabila Hadiah Yang Ditukarkan Nasabah Tidak Diterima Oleh Nasabah?

BNI akan mengirimkan hadiah tersebut sesuai alamat pengiriman yang diisi oleh nasabah pada saat penukaran dengan SLA yang berlaku, namun apabila setelah dilakukan pengiriman hadiah mengalami retur dengan alasan seperti berikut: Alamat tidak lengkap, ybs tidak ditempat, ybs pindah alamat atau nama ybs tidak dikenal maka BNI akan menghubungi Nasabah melalui telepon ataupun email yang tertera disitem BNI dan akan melakukan pengiriman kembali setelah mendapat informasi dari nasabah melalui telepon maupun email terkait pengiriman hadiah yang retur.

Namun Apabila nasabah tidak bisa dihubungi atau tidak ada respon baik selama paling lambat 10 hari kerja setelah dihubungi, maka hadiah nasabah tidak kami kirimkan kembali dan tidak dapat ditagihkan kembali. Hadiah tersebut menjadi kewenangan BNI untuk digunakan pada program BNI Poin+ berikutnya.

Apakah Penyebab Munculnya Message “Nomor Kartu Atau Tanggal Lahir Anda Salah” Pada Saat Registrasi Akun BNI Poin+ Secara Online?

Penyebabnya adalah Nasabah salah input data saat registrasi (nomor kartu atau tanggal lahir salah).

Solusinya adalah Nasabah dapat menginput ulang data sesuai dengan yang sebenarnya.

Apakah Penyebab Munculnya Message “OTP Gagal Kirim Segera Kunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat Atau Hubungi BNI Call” Pada Saat Registrasi Akun BNI Poin+ Secara Online?

Penyebabnya adalah:

  • Nomor telepon yang tercatat dalam BNI tidak valid (salah nomor telepon atau perubahan nomor telepon).
  • Nasabah tidak memiliki cukup pulsa pada nomor telepon yang tercatat dalam sistem BNI.

Solusinya adalah Nasabah dapat mengunjungi Kantor Cabang BNI terdekat, BNI Internet Banking ataupun ATM BNI terdekat untuk update nomor telepon terbaru yang valid.

Apabila Nasabah Melakukan Penggantian Kartu Debit BNI, Apakah Dapat Melakukan Registrasi?

Apabila nasabah melakukan penggantian kartu, registrasi dapat dilakukan H+2 dari tanggal penggantian kartu.

Apakah Nasabah Yang Baru Buka Rekening Dapat Langsung Melakukan Registrasi?

Nasabah yang baru membuka rekening dapat melakukan registrasi H+2 dari tanggal setoran pertama dan pengaktifan debit BNI.

Berapa Lama Masa Berlaku BNI Poin+?

Poin+ akan kadaluarsa bersamaan dengan berakhirnya periode program BNI Poin+, dan apabila jumlah atau saldo Poin+ tidak ditukarkan/redeem hadiah, makan secara otomatis akan hangus.

Apakah Yang Harus Dilakukan Apabila Nasabah Lupa “User” Atau “Password” Akun BNI Poin+?

Jika Nasabah lupa user atau password akun BNI Poin+ maka Nasabah dapat meng-klik menu “Lupa Password” pada laman Login Akun BNI Poin+ pada website www.poinplus.bni.co.id dan mengikuti petunjuk yang tertera pada laman tersebut.

Bagaimana Apabila Nasabah Tidak Bisa Melakukan Registrasi Akun BNI Poin+?

Nasabah dapat menghubungi Kantor Cabang BNI terdekat untuk menyampaikan data nama lengkap, nomor rekening, tanggal lahir, nomor kartu debit serta expired date-nya, berikut dengan alamat email dan nomor handphone, dengan mengisi dan menandatangani form aplikasi umum dan melampirkan fotocopy Buku Tabungan, KTP dan Kartu Debit BNI. Selanjutnya Cabang akan input pengaduan Nasabah melalui aplikasi CRM untuk ditindaklanjuti oleh Kantor Pusat.

Bagaimana Apabila Poin+ Nasabah Tidak Bertambah Setelah Transaksi Atau Poin+ Berkurang Tanpa Ada Penukaran/Redemption?

Nasabah dapat menghubungi BNI Call 15000-46 atau Kantor Cabang BNI terdekat dengan menyampaikan data: nama lengkap, nomor rekening, tanggal lahir, nomor kartu debit serta expired date kartu debit, alamat email dan nomor handphone. Untuk pengaduan di Cabang, Nasabah kemudian mengisi dan menandatangani form aplikasi umum dan melampirkan fotocopy Buku Tabungan, KTP dan Kartu Debit BNI. Selanjutnya Cabang akan input pengaduan Nasabah melalui aplikasi CRM untuk ditindaklanjuti oleh Kantor Pusat.

*) untuk detil informasi transaksi yang menghasilkan poin dapat dibaca pada syarat dan ketentuan program BNI Poin+.

Kemana Nasabah Dapat Menghubungi Apabila Ada Pertanyaan Terkait Program Ini?

Nasabah dapat menhubungi BNI Call 15000-46 selama 24/7.